Desain Ruang Kerja Sekaligus Ruang Ibadah
Menyatukan ruang kerja dan ruang ibadah mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. Mengapa tidak kita coba, biar kalau sedang kerja, kita pun ingat ibadah. Setuju?
Posted on 22 Agustus 2013 by: Anissa Q. Aini
Desain Ruang Kerja Sekaligus Ruang Ibadah

Ruang kerja yang Anda lihat di foto ini jadi satu dengan mushola, lho. Di dinding bagian kanan ruangan ditempatkan sebuah meja panjang dan rak ambalan di bagian atasnya. Area ini bisa dibilang area kerja. Tumpukan dokumen, komputer, telepon, mesin fax, semua ditempatkan di area ini.

Nah, di seberangnya, di sisi kiri ruangan, ditempatkan sebuah amben  kayu. Di sini bisa disebut area istirahat. Bukan cuma istirahat secara fisik, tapi juga rohani. Pasalnya, amben  ini berfungsi juga sebagai tempat menggelar sajadah, untuk sholat. Kalau sedang tidak digunakan untuk sholat, pemilik rumah bisa beristirahat dengan duduk-duduk atau sejenak merebahkan badan di sini.

IMG_6401

Dua aktivitas ini, bekerja dan beribadah, terasa lebih nyaman karena ruangan ini dirancang berhubungan dengan area kolam, di ujungnya. Itu sebabnya, dibuat bukaan di seluruh dinding bagian ini. Gemericik air, kicauan burung peliharaan, dan udara sejuk dari luar ruangan menemani siapapun yang sedang beraktivitas di dalamnya. Dengan demikian, ruang kerja tidak akan kekurangan pasokan sinar matahari dan udara yang sehat.

Suasananya semakin terasa hangat dan alami, karena ruangan ini didominasi kayu. Mulai dari lantai parket, meja, rak, dan amben , semuanya terbuat dari kayu. Jangan heran kalau memasuki ruangan ini, mau bekerja maupun beribadah, Anda akan langsung merasa betah. Jadi, tidak ada lagi alasan lupa beribadah karena terlalu sibuk bekerja.

Foto: iDEA Online / Rasantika M. Seta

Lokasi: Rumah Ir. Pramudiyarto Hadisoebroto, Bintaro, Jakarta

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus
Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.