Kitchen Sink: Tiga Jenis yang Bisa Dipilih
Kitchen sink (bak cuci piring) merupakan salah satu perabot dapur yang vital. Umumnya ada tiga jenis bak cuci piring. Pilih sesuai kebutuhan.
Posted on 6 Juli 2013 by: Anissa Q. Aini
Kitchen Sink: Tiga Jenis yang Bisa Dipilih

Dalam proses mengolah, memasak, dan menyajikan makanan, peran kitchen sink (bak cuci piring) sangat penting. Bukan hanya sebagai tempat mencuci piring dan perabot dapur lainnya. bak cuci piring juga dimanfaatkan untuk mencuci berbagai bahan makanan segar.

Dalam memilih bak  cuci piring, ada baiknya perhatikan ukuran dan kedalamannya. Pada umumnya, bak cuci piring yang dijual di pasaran memiliki kedalaman 20cm-30cm. Jika Anda menggunakannya untuk mencuci berbagai perabot dapur berukuran besar, sebaiknya pilih bak yang memiliki kedalaman hingga 30cm.

Biasanya bak cuci piring memiliki ukuran panjang mulai dari 40cm. Namun untuk kebutuhan khusus, bisa dibuat bak cuci piring hingga sepanjang 1m. Dalam menentukan ukuran bak cuci piring ini, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran dapur. Bila dapur kecil, maka sebaiknya gunakan bak cuci berukuran standar, dengan satu lubang berukuran 30cmx40cm. Semakin panjang ukuran bak cucinya, semakin banyak lahan yang digunakan. Agar lebih nyaman, bisa juga dipilih bak cuci piring ini dengan sistem custom made . Dengan demikian Anda bisa menyesuaikan ukuran bak cuci piring dengan luas dapur.

Di pasaran terdapat beberapa jenis bak cuci piring. Mulai dari yang menggunakan bak tunggal (single basin ), hingga yg menggunakan tiga bak (triple basin ).

1. Bak tunggal (single basin )

Bak cuci piring dengan bak tunggal bisa dibuat dengan ukuran standar atau ukuran yang lebih panjang dan lebar. Untuk bak yang berukuran standar, sangat cocok diletakkan pada dapur yang berukuran sempit. Selain itu, bak tunggal juga lebih mudah dibersihkan.

2. Bak ganda (double basin )

Bak ganda memungkinkan pekerjaan multitasking . Anda bisa mencuci piring di satu bak, sambil mencuci sayuran atau buah-buahan di bak lainnya. Jika ingin menggunakan bak ganda pada dapur terbatas, di pasaran tersedia berbagai ukuran. Bisa dipilih bak ganda dengan ukuran yang berbeda, bak satu lebih kecil dari bak lainnya. Namun, sebaiknya tak perlu menggunakan bak ganda, jika memang tidak terlalu membutuhkannya.

3. Bak triple (triple basin )

Bak cuci piring dengan tiga bak cocok untuk dapur berukuran lebih luas. Biasanya terdiri dari dua bak besar, untuk mencuci peralatan memasak dan perabot dapur lainnya. Dilengkapi pula dengan sebuah bak berukuran lebih kecil untuk mencuci atau mengolah bahan makanan.

Foto: iDEA Online/ Fardina R. Suri

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus
Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.