Mengatur Bingkai di Dinding
Anda sudah menyiapkan banyak foto dan lukisan, tapi bingung mengaturnya? Begini trik jitunya!
Posted on 11 Agustus 2013 by: Anissa Q. Aini
Mengatur Bingkai di Dinding

Berapa banyak foto atau lukisan, yang bisa kita gantung? Atau bagaimana menyusunnya? Adalah pertanyaan-pertanyaan yang kerap muncul, saat kita akan menggantung foto atau lukisan pada dinding. Masalahnya bukan pada berapa jumlahnya, melainkan bagaimana menyusunnya. Berapapun banyaknya foto atau lukisan yang mau digantung, akan tetap tampak menarik, kalau benar menyusunnya.

Prinsip pertama yang harus diingat adalah: gantung bingkai-bingkai tadi dalam satu kelompok. Jangan digantung dalam posisi tersebar. Menggantung bingkai secara menyebar akan membuatnya tampak berantakan. Sedangkan bingkai-bingkai yang ditempatkan berkelompok akan lebih menarik perhatian orang.

Setelah itu yang perlu diperhatikan adalah menentukan susunan setiap bingkat. Ada dua cara menyusun bingkai, di dinding. Simetris dan asimetris.

Susunan simetris  ditandai dengan susunan yang serba rapi. Bisa horizontal atau vertikal. Ukuran dan bentuk bingkai pun biasanya sama. Misalnya, menyusun tiga buah bingkai di atas sofa atau headboard  tempat tidur. Biasanya disusun sejajar (horizontal). Susunan tegak lurus (vertikal) biasanya diaplikasikan pada dinding berukuran sempit memanjang.

Mau menggantung bingkai berbeda ukuran, dengan susunan simetris pun bisa, asal tidak berbeda bentuk. Misalnya, ingin menggantung sebuah lukisan berukuran besar, kemudian diapit oleh dua buah lukisan berukuran kecil. Posisinya bisa horizontal atau vertikal. Susunan simetris ini lazim diaplikasikan pada ruangan-ruangan yang didesain resmi atau tradisional.

Asimetris  adalah kebalikan dari simetris. Cara menyusun ini lebih bebas. Anda bisa menyusun bingkai dengan susunan miring (diagonal), atau membentuk pola tertentu, lingkaran atau segi tiga misalnya. Menggantung bingkai beda bentuk dan ukuran juga sah-sah saja. Susunan seperti ini lebih dinamis dan berkesan payful . Yang demikian dapat membuat ruangan lebih ramah.

Oke. Semoga berhasil!

Foto: iDEA Online/ Anissa Q. Aini

Lokasi: Unit Contoh Permata Hijau Reidence, Permata Hijau, Jakarta Barat

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus
Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.