Menanam Pohon untuk Atap Carport
Begini cara yang tepat menanam pohon untuk meneneduhkan carport .
Posted on 29 Agustus 2013 by: Dewi Kartini (@dewikartini)

Sebenarnya tanaman yang digunakan untuk menutup atap, lebih tepat jika dipilih jenis tanaman memanjat dan membelit.  Mengapa bukan tanaman merambat? Karena tanaman merambat umumnya menempel pada tembok, seperti tanaman dolar, yang  akan menutup tembok dengan daun-daunnya hingga rapat. Sedangkan tanaman memanjat umumnya berbatang kayu dan kaku,  tumbuh meninggi, bercabang dan beranting. Sementara tanaman membelit batangnya lebih halus dan memiliki sulur. Kedua jenis tanaman ini membutuhkan penopang dan akan tumbuh subur jika diberi rambatan.

Cukup banyak tanaman memanjat dan membelit yang dapat kita pilih untuk digunakan menghijaukan carport . Antara lain thunbergia, passiflora, bougenvil, sirih gading, steganut. Pilih jenis pohon yang akan ditanam, sebaiknya pohonan memiliki tinggi sekitar 60cm - 80 cm agar lebih cepat berkembang ke atas. Kemudian gali lubang ukuran 30cmx30cm, tambahkan pupuk kandang, lalu masukkan pohon yang akan ditanam.

Setelah proses ini selesai, lakukan perawatan secara rutin. Pemeliharaan, termasuk penyiraman dan pemupukan dilakukan sama seperti merawat taman normal yang ditanam di pekarangan rumah.

Foto: Dok iDEA

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus
Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.