Selamat datang di ideaonline.co.id
Mimpi Jokowi Di Pasar Tanah Abang
Sebuah mimpi yang cukup besar disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk Pasar Tanah Abang dengan tampilan barunya ini.
Posted on 25 Agustus 2013 by: Fabian Januarius Kuwado
Mimpi Jokowi Di Pasar Tanah Abang

Gubernur DKI Joko Widodo memiliki mimpi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dia ingin kawasan tersebut menjadi sentra primer usaha kecil menengah serta usaha rumah tangga di semua penjuru daerah Indonesia.
"Kita ingin semuanya ada. Busana muslim, batik, handycraft . Pokoknya jadi sentra usaha mikro," ujarnya di Balaikota pada Jumat (23/8/2013).
Menurut Jokowi, tak bisa mewujudkan mimpi itu jika pengelolaannya masih terpencar-pencar. Oleh sebab itu, dia berkomitmen akan menyatukan pengelolaan blok-blok di Pasar Tanah Abang menjadi satu, di bawah Pemerintah Provinsi Jakarta.
Jika pengelolaannya terpadu dan terpimpin, Jokowi memiliki prospek pengembangan usaha dari hanya sebagai pusat grosir dan wisata belanja, menjadi komoditas ekspor ke belahan dunia lain.
"Segmennya berbeda-beda. Misalnya yang murah kita ekspor ke Afrika. Yang menengah ke Australia. Pasti ada caranya entah gimana," lanjutnya.
Jokowi pun memastikan, untuk menggenapi mimpinya tersebut, selain menyatukan pengelolaan, juga harus dilakukan beberapa penyempurnaan kawasan. Baik fasilitas, penambahan jenis pedagang yang berbeda, menguatkan sisi keamanan bagi para pengunjung serta mengembangkan brand.
Jokowi menjelaskan, nantinya seluruh blok di Pasar Tanah Abang akan terhubung satu sama lain dengan jembatan penghubung. Fasilitas di semua blok pun akan diperbaiki. Apalagi, khusus di Blok G, Jokowi akan menggelar musik rakyat agar pengunjung tertarik membeli di tempat relokasi PKL.
"Intinya usaha kecil, rumah tangga, perlu ruang pamer. Mereka perlu ruang memasarkan produk. Tidak hanya di mall saja yang seperti itu. Perlu ad adanya fasilitas yang mendukung," jelas Jokowi.

Sumber: kompas.com

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus