Selamat datang di ideaonline.co.id
Begini Caranya Membuat Ruang Sempit Jadi Nyaman
Ruang keluarga tidak harus luas. Kalau memang lahan yang tersedia relatif sempit, ya manfaatkan saja yang ada. Ada triknya, kok, bikin ruang keluarga yang nyaman, meski berukuran mungil.
Posted on 2 Agustus 2013 by: Anissa Q. Aini
Begini Caranya Membuat Ruang Sempit Jadi Nyaman

Hilangkan anggapan bahwa ruang keluarga haruslah luas, karena jadi wadah berkumpul seluruh anggota keluarga. Mau sempit atau luas, asalkan nyaman, seluruh keluarga pasti senang berkumpul dan beraktivitas di sana. Nah, kalau kebetulan area yang Anda miliki tergolong sempit, jangan berkecil hati. Poin-poin berikut bisa jadi panduan membuat ruang keluarga sempit tetap terasa nyaman.

  • Masukkan sebanyak-banyaknya cahaya alami, ke ruang keluarga. Artinya, sebisa mungkin tempatkan ruang keluarga dekat jendela, atau area terbuka. Ruang keluarga yang terang akan terasa lebih lega.
  • Pilih warna-warna cerah dan lembut. Warna-warna demikian membuat ruangan terasa lebih ringan. Selain itu, warna-warna ini juga bisa memantulkan cahaya, membuat ruangan tampak lebih lapang.
  • Pintar-pintar pilih desan dan ukuran furnitur. Jangan paksakan menempatkan sofa, kalau memang tidak muat. Ganti sofa dengan sepasang single chair . Atau buat saja ruang keluarga berkonsep lesehan. Gunakan karpet dan bantal-bantal yang empuk dan nyaman.
  • Solusi klasik dan paling banyak digunakan untuk "meluaskan" ruang adalah memasang cermin. Tempatkan cermin berukuran besar, di ruang keluarga. Atau sekalian saja, lapisi salah satu sisi dinding dengan cermin.
  • Minimalkan penggunaan sekat atau pembatas ruang. Lupakan dinding yang masif, ganti dengan kaca. Sifat transparannya membuat ruangan tampil "tanpa batas". Bisa juga membuat pembatas ruang dengan pilihan warna, atau karpet.
  • Buat ruangan jadi multifungsi. Misalnya, tempatkan sebuah meja Jepang, di ruang keluarga berkonsep lesehan. Meja ini bisa berfungsi ganda, coffee table  dan meja makan. Dengan demikian, ruang keluarga pun otomatis berfungsi ganda. Tempat kumpul keluarga sekaligus ruang makan.
  • Manfaatkan semua ruang yang ada. Buat lemari atau rak built in setinggi langit-langit. Tempatkan televisi di sini. Selain itu, lemari ini bisa dimanfaatkan juga untuk menampung koleksi buku, CD, atau DVD Anda. Ruangan yang rapi, walaupun berukuran sempit, pasti terasa nyaman.

Selamat menata ruang keluarga!

Foto: iDEA/ Dean Martin Saerang

Lokasi: Rumah Dave Hendrik, Bintaro, Tangerang

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus