Selamat datang di ideaonline.co.id
Panel Komposit Pengganti Bata untuk Dinding Rumah
Berbobot ringan, panel yang terbuat dari bahan kimia khusus ini dibuat untuk menjadi alernatif bahan untuk dinding rumah.
Posted on 8 September 2013 by: M. Indra Sukma
Panel Komposit Pengganti Bata untuk Dinding Rumah

Untuk dinding rumah, ada bahan dari papan semen, beton ringan aerasi, dan pelat metal. Kini ada juga panel komposit. Julukan panel komposit ini muncul lantaran isinya menggunakan bahan kimia khusus yang dilapis metal atau papan semen.

Ada tiga jenis komposit panel. Pertama, Expanded Polystyrene  (EPS) atau sejenis styrofoam. Bagian luar bahan dilapis rangka galvanis dan zincalume . Panel yang berlapis ini berperan sebagai material alternatif pangganti bata atau beton. Fungsi panel juga dapat mereduksi temperatur bangunan.

Kedua, bahan Polyurethane  (PU). Bahan ini mirip busa yang bertekstur butiran halus. Kandungan bahan ini lebih baik ketimbang EPS tadi. Pada PU tertentu, kandungan bahan terbuat dari Isocynate  dan Polyol . Bahan PU dilapis dengan dua jenis bahan. Ada yang menggunakan galvanis dan zincalume  mirip EPS, ada pula yang menggunakan papan semen kombinasi fiber selulosa, semen, dan pasir.

Menurut Amelito D. Lacson, Managing Director PT Isopanel Dunia, pelapis papan semen mampu merespons perubahan cuaca. Oleh sebab itu, papan semen andal ditempatkan pada semua bagian dinding rumah. Bahan Polyurethane  memiliki daya tahan yang baik. Ia dapat diaplikasikan pada area dinding teras hingga kamar mandi. Cukup menggunakan finishing  dengan cat, keramik, atau batu alam.

Ketiga, Polyiscoyanurate  (PIR). Bentuknya sekilas mirip dengan PU, tapi kandungan bahannya lebih baik. Ia tak hanya mampu mereduksi temperatur udara, tapi juga tidak mudah tersulut api. Aplikasinya cocok untuk bangunan publik, seperti pabrik makanan atau farmasi. Bahan PU atau PIR ini dapat diuji dari density -nya. Semakin tinggi kerapatan, semakin baik menjadi insulasi dan tahan api.

Foto: iDEA/Dean Martin Saerang

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus