Selamat datang di ideaonline.co.id
Cat untuk Lantai Makin Berwarna dan Kuat
Lantai berwarna menjadi salah satu alternatif dekorasi ruang. Cat lantai, pilihannya.
Posted on 18 Juli 2013 by: Johny H. Kakiay
Cat untuk Lantai Makin Berwarna dan Kuat

Menghadirkan warna ruang kini dapat melalui cat lantai. Pilihan warnanya beragam: merah, biru, oranye, hijau, bahkan ada yang menghasilkan efek tekstur. Cat lantai rupanya ingin menyamai cat dinding. Karenanya, cat lantai kini menjadi material alternatif untuk dekorasi rumah.

Sedikitnya ada tiga produsen yang menawarkan cat lantai itu. Ada Propan, Arturo, dan Delta. Propan menghadirkan Multi-Pox MX-100 SF dan Arturo dengan cat Art Stone yang bertekstur. Delta menawarkan cat primer Delta dan cat finishing Delta Oxy Floor (top coat).

Cat lantai Multi-Pox bertipe epoxy, yaitu polyamide cured epoxy enamel . Dalam aplikasinya, cat ini perlu dicampur komponen lain, yaitu hardener . Pecampurannya dengan komposisi 3:1, atau 0,75kg cat Multi-Pox dicampur dengan 0,25kg hardener . Pencampuran ini untuk cat dasar dan cat finishing .

Satu kg campuran cat Multi-Pox dan hardener itu dapat menutup area seluas 3m2-4m2 dengan dua kali sapuan. Lapisannya setebal 150-200micron. Tak heran bila cat ini tahan akan kikisan karat, cairan kimia, dan dapat diaplikasi pada berbagai media, terutama cor semen.

Cat tersebut juga memiliki warna yang cukup lengkap, mulai dari putih, ivory, dark green , hingga graphite grey . Tak ketinggalan efek glossy dan dof . Cat glossy menjadi pilihan jika ingin menampilkan efek kilap pada lantai, sedangkan dof untuk efek natural.

Cat sejenis ditawarkan pula oleh PT Putramataram Coating International, dengan cat Delta, yang terdiri dari cat dasar dengan Epoxy Primer dan cat finishing (top coat) dengan Oxy Floor.

Khusus untuk top coat , cat itu menghasilkan dua jenis efek: glossy dan matt . Anda diberi pilihan untuk menciptakan efek warna cat yang ingin dimunculkan. Cat dengan efek glossy dapat digunakan untuk area yang membutuhkan kesan clean , sedangkan matt yang natural untuk ruang yang tampil apa adanya, seperti garasi atau area servis.

Sedikit berbeda dengan cat lantai lainnya, Delta Oxy Floor harus dilapis cat dasar terlebih dahulu. Cat ini memang rentan terhadap permukaan yang tidak bersih. Karena itu, cat ini membutuhkan pelapis awal, berupa cat primer.

Cat lantai lainnya adalah Art Stone dari Arturo. Produk keluaran PT Sapta Kurnia Kimia Abadi ini memiliki bahan cat yang unik, berbentuk butiran. Butiran ini menghasilkan tekstur yang khas. Tekstur berupa flek itu langsung terlihat saat cat diaplikasikan. Cocok untuk melapis lantai garasi, teras, atau dapur. Cat ini pun dapat diaplikasi di kamar mandi karena dilapis dengan coating antilumut dan antijamur.

Selain bertekstur, teknik apilkasi Art Stone tidak seperti cat biasa. Cat ini diaplikasi dengan cara mengambil bahan cat dari dalam kaleng menggunakan kape. Lalu cat diletakkan di permukaan lantai, dan diratakan dengan roskam. Setelah kering, didiamkan sedikitnya satu hari. Kemudian, barulah cat itu dilapis ulang dengan coating . Coating inilah yang menentukan hasil pengecatan. Bisa mengilap bila menggunakan cat berbasis gloss  dan natural jika dengan dof.

Jika Anda ingin mengaplikasikan cat lantai, perhatikan berapa besar area yang akan dilapisinya, untuk menghitung banyaknya cat yang akan dibeli dan besar biayanya. Satu set kaleng 1kg Multi-Pox dapat menutup lantai seluas 3m2-4m2. Harganya Rp135.000 per kg per set. Satu galon 4kg Art Stone dapat menutup permukaan lantai sekitar 4m2. Harganya Rp125.000 per galon. Ada juga ukuran pail (20kg) dengan harga Rp600.000 per pail.

Untuk Epoxy Primer, dengan 1kg cat dapat menutup lantai seluas 2,5m2, sedangkan 1kg Delta Oxy Floor antara 1m2-1,5m2. Harga cat dasar Rp266.000 per set per galon (5kg) dan Rp1.558.000 per set per pail (30kg). Harga Delta Oxy Floor Rp328.000 per set per galon (5kg). Ada yang warna standar Rp1.933.000 per pail (30kg) dan warna spesial Rp356.00 per set per galon (5kg), serta Rp2.095.000 per set per pail (30kg).

Sudah tahu gambarannya? Silakan mencoba!

Foto: iDEA/Richard Salampessy

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus