Selamat datang di ideaonline.co.id
Area Bawah Tangga: Taman Laut Suasana Hutan
Desain di area bawah tangga ini penuh inspirasi. Ada kolam dan air terjun dengan pepohonan tinggi, serta ornamen karang dan kerang. Gayanya seperti taman laut di hutan!
Posted on 14 Agustus 2013 by: M. Indra Sukma
Area Bawah Tangga: Taman Laut Suasana Hutan

Anda barangkali sering bingung menata area di bawah tangga. Dibiarkan kosong rasanya mubazir. Difungsikan sebagai gudang, kurang indah. Bagaimana, ya?

Ada ide kreatif, nih, dari rumah Handrawan Nadesul. Ia memanfaatkan area bawah tangga menjadi sebuah area yang nyaman dinikmati. Area berukuran 3m x 1,6m, yang persis berseberangan dengan ruang tamu ini, ditata layaknya sebuah taman di hutan.

Coba kita amati lebih mendetail, yuk! Fokus pertama adalah kolam berbentuk oval tak beraturan. Kolam ini dirancang seperti palung, dengan kedalaman 1m, yang diisi ikan mas warna-warni. Di tengahnya ada tiga air mancur yang menyembur ke tengah kolam. Di sekelilingnya dihiasi ornamen laut, seperti batu karang dan ragam bentuk kerang-kerang besar. Maklum saja, Handrawan memang ingin menampilkan suasana taman laut di sini.

Di salah satu sisi kolam diletakkan sebuah jendela berukuran 130cm x 150cm. Jendela berkusen 25cm ini tak bisa dibuka-tutup, hanya sebagai elemen dekoratif. Sementara di sisi lain kolam ada undakan-undakan artifisial sebagai wahana aliran air terjun.

Di area jendela ditambahkan batang-batang pohon dengan ranting dan dedaunan hijau. Batang-batang dan ranting pohon ini asli, lho. Sedangkan dedaunannya imitasi. Di balik jendela terdapat pepohonan imitasi dan lukisan air terjun. Jadi, terlihat seperti pemandangan alam dari balik jendela itu.

Di sisi kiri kolam terdapat sebuah jembatan. Keberadaannya berfungsi untuk menghubungkan area kolam dengan area tangga dan kamar mandi. Selain itu, jembatan ini juga melengkapi desain taman laut suasana hutan ini. Ide menarik, kan?

Foto: iDEA/ Dean Martin Saerang

Lokasi: Rumah Handrawan Nadesul, Pondok Indah, Jakarta Selatan

(Editor: Anissa Q. Aini)

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus