Selamat datang di ideaonline.co.id
Menghias Dinding dengan Mural
Bagi Anda yang gemar hal-hal ekstrim, cat dekoratif atau wallcover  saja mungkin tak cukup untuk menghias dinding. Mengapa tak mencoba mural?
Posted on 4 Agustus 2013 by: Putri Dwimirnani
Menghias Dinding dengan Mural

Jika Anda pernah pergi ke Bandung, coba perhatikan dinding di sepanjang Babakan Siliwangi. Dinding yang dulu terlihat kumal dan penuh coretan grafiti itu kini dihiasi lukisan. Itulah mural yang dikerjakan oleh mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung. Cantik, bukan?

Keindahan mural bisa juga dibawa ke dalam rumah Anda. Cara membuatnya tak terlalu rumit, hanya perlu ketekunan dan ketelitian.Tak hanya seniman yang bisa melukis mural.

Cari atau buat gambar yang ingin Anda tampilkan pada dinding. Bagi yang tak bisa menggambar, jangan khawatir, salin saja gambar yang ada ke atas plastik transparansi. Gunakan Over Head Projector  (OHP) untuk memindahkan gambar dari transparansi ke dinding. Cara yang hampir sama dapat saja dilakukan dengan memanfaatkan gambar-gambar digital pada komputer. Sorotkan gambar ke dinding menggunakan proyektor digital.

Nah , gambar sudah 'tercetak' pada dinding. Ikuti saja garis-garis yang ditampilkan dan warnai dengan cat. Agar hasilnya lebih baik, gunakan cat akrilik.

Tapi, tunggu. Sebelum memulai pengecatan, perhatikan baik-baik setiap jengkal dinding. Apakah ada yang mengelupas atau retak? Ratakan dulu permukaan dinding dengan menggunakan dempul atau amplas. Jangan sampai gambar menjadi belang-belang karena dinding tak rata. Terakhir, lapisi mural dengan polyurethane agar tahan lama.

Tidak sulit, bukan, menghias dinding dengan mural?

Foto: iDEA/Richard Salampessy

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus