Selamat datang di ideaonline.co.id
Membuat Dapur yang Indah dan “Tahan Banting”
Menciptakan dapur yang fungsional dan praktis, namun tetap indah dilihat, berawal dari proses desain yang tepat.
Posted on 20 Maret 2013 by: Dewi Kartini (@dewikartini)
Membuat Dapur yang Indah dan “Tahan Banting”

Dapur  dengan aktivitas memasak yang cukup tinggi, sebaiknya didesain dengan mengutamakan sisi fungsi. Misalnya area penyimpanan terorganisis dengan baik, penempatan sarana kerja seperti kompor, sink , kulkas dan microwave pada posisi dan ukuran yang tepat. 

Pada ruang yang terbatas, perhatikan pula pemanfaatan ruang agar optimal.  Salah satu penerapannya, dengan membuat furnitur multifungsi.  Dengan mempertimbangkan semua kebutuhan di atas, barulah dibuat desain dapurnya.

Proses desain seperti itulah yang diterapkan oleh desainer interior Grace Hartanti saat merancang dapur milik Nadia Ardikani ini. Area penyimpanan pada dapur ini  terorganisir dalam laci, kabinet, dan meja island . Sementara oven dan kulkas ditempatkan pada lemari yang menyatu dengan kitchen set . Meja island punya fungsi lebih sebagai meja racik, meja sarapan, dan tempat menyimpan peralatan makan pada laci-lacinya.

Desain dapur ini pun dilengkapi lampu-lampu. Beberapa indirect lighting dan spot light halogen dipasang untuk membantu proses kerja dan pencarian barang, juga menambah nilai estetis. Sementara materialnya dipilih yang mudah dibersihkan, seperti keramik yang teraplikasi di area back drop .

Dengan semua upaya itu, dapur  ini tak hanya indah dilihat, tapi juga nyaman dipergunakan dan “tahan banting” menghadapi aktivitas memasak yang cukup tinggi.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus