Selamat datang di ideaonline.co.id
Dapur yang Sekaligus Ruang Cuci Pakaian
Dapur berada di lahan sempit dan memanjang. Di sini fungsi dapur pun tak sekadar tempat memasak, namun juga untuk mencuci pakaian.
Posted on 1 Oktober 2013 by: Anissa Q. Aini
Dapur yang Sekaligus Ruang Cuci Pakaian

Ruang dengan banyak fungsi menjadi solusi jitu pada sebuah hunian yang memiliki lahan terbatas. Kebanyakan konsep ruang multifungsi ini diterapkan pada apartemen atau rumah mungil.

Dapur menjadi salah satu ruang yang dapat dijadikan multifungsi. Ambil contoh dapur pada foto di samping. Dapur berada di lahan memanjang 3mx1,4m. Ruangan ini tidak cuma sebagai dapur, namun juga dimanfaatkan sebagai ruang mencuci pakaian. Keberadaan mesin cuci di ujung ruang menandakan penambahan fungsi pada dapur.

Pada era teknologi yang berkembang semakin pesat, konsep penggabungan dapur dengan ruang mencuci pakaian dapat mudah dilakukan. Semenjak mesin cuci pakaian ditemukan dan diproduksi masal, mencuci pun dapat semakin mudah, dan semakin tak membutuhkan ruang khusus. Selain dapat ditempatkan pada dapur, mungkin kita pernah pula mendengar keberadaan mesin cuci pada kamar mandi, atau area di dekatnya.

Selain menempatkan mesin cuci pada ruang servis khusus, dapur dan kamar mandi memang seakan menjadi alternatif favorit untuk menempatkan mesin cuci. Hal ini berkait dengan sistem instalasi air (air bersih dan kotor). Baik dapur dan kamar mandi pastinya memiliki sistem instalasi air, yang mana juga dibutuhkan oleh mesin cuci.

Lalu di mana lokasi yang cocok untuk menempatkan mesin cuci pada dapur? Banyak lokasi bisa dipilih. Bisa saja, mesin cuci dibuat "menyatu" dengan kitchen set. Atau ditempatkan pada pojok ruang dapur yang dimodifikasi sehingga juga memiliki meja setrika. Jika ingin menggabungkan fungsi dapur dengan fungsi ruang mencuci pakaian, sebaiknya dilakukan bersamaan dengan waktu pembangunan dapur. Dengan begitu, segala sesuatunya tidak terkesan tambal sulam.

Nah, ketika dua fungsi ini telah menyatu, tinggal bagaimana kita membagi waktu pengerjaan setiap kegiatan. Pintar-pintar lah mengatur jadwal mencuci dan menyetrika. Sesuaikan dengan waktu sibuk di dapur. Waktu-waktu menjelang dan sesudah makan, bisa dipastikan dapur dalam keadaan super sibuk. Hindari mencuci dan menyetrika pada waktu-waktu ini. Pagi hari setelah sarapan, atau siang menjelang sore setelah makan siang, bisa jadi pertimbangan untuk jadwal mencuci dan menyetrika Anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Foto: iDEA Online/ Anissa Q. Aini

Lokasi: Unit Contoh Seasons City, Latumeten, Jakarta Barat

(rms)

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus