Selamat datang di ideaonline.co.id
Kain Gorden Tak Harus Mahal
Gorden yang tebal dan mahal memang terlihat indah. Tapi, siapa bilang kain biasa tak bisa terlihat cantik? Pintar-pintarlah memilih material agar hemat, fungsional, namun tetap cantik.
Posted on 16 November 2009 by: Putri Dwimirnani
Kain Gorden Tak Harus Mahal

Pada dasarnya, semua jenis kain bisa digunakan untuk menutup jendela. Hal ini dijelaskan dalam buku Mary Gilliatt's Interior Design Course . Meski kain jenis katun, sutra, dan kain cita lebih familiar, tak ada yang melarang penggunaan wol, flanel, atau tenun.

Walau demikian, Anda harus memperhatikan iklim dan kondisi lingkungan rumah. Kain jenis wol tentu tidak cocok digunakan di daerah tropis dan kotor seperti Jakarta karena akan menumpuk debu.

Hampir semua jenis kain terlihat lebih bagus dan tahan lama bila diikat. Tapi, bukan berarti Anda tak bisa membiarkannya jatuh lurus tanpa dihalangi apapun. Pilih saja kain jenis sutra, taffeta, voile (tenun tipis), kasa katun halus dengan bordir, atau linen.

Jika menggunakan kain yang ringan dan tipis, sebaiknya buat dengan panjang sekitar tiga kali lebar jendela agar jatuhnya terlihat lebih indah. Selain itu, kita tak perlu khawatir jika kain menyusut.

Jangan lupa, cari motif yang cantik agar gorden tak terlihat murahan. Tidak perlu memusingkan keragaman corak, yang penting tampil elegan. Warna-warna pekat dengan sedikit corak justru terlihat lebih bernilai. Sesuaikan juga dengan warna dominan ruangan agar tak terlihat norak.

Kalau mau irit, Anda juga bisa menggunakan jenis kain yang sama untuk gorden dan bantalan sofa, loh. Murah dan selaras.

Foto: iDEAOnline/Anissa Q. Aini

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus