Selamat datang di ideaonline.co.id
Taman Rumah Sederhana Berhias Elemen Batu
Tampilan rumah yang penuh dengan kotak dan sudut, kerap membuat sosok rumah terlihat kaku. Supaya tak kaku lagi, buatlah taman indah di depannya.
Posted on 31 Maret 2010 by: Johny H. Kakiay
Taman Rumah Sederhana Berhias Elemen Batu

Rumah Samuel, di Bekasi, ini misalnya. Fasad rumahnya yang serba kotak tidak lantas membuat rumahnya tampil kaku. Itu berkat taman yang dibuat di halaman depan. Taman sekaligus menjadi jeda, dari luar menuju pintu rumah.

Taman di rumah ini berisi hamparan rumput dengan jajaran perdu aneka warna. Ada teh-tehan dan soka sebagai pembatas antara area pedestrian dan rumput. Ada juga irish yang mengisi bak di bawah dinding pembatas dengan rumah tetangga. Ditumbuhi pula satu-dua jenis tanaman tinggi, seperti pandan Bali.

Bagian lain berupa hamparan koral putih dengan pijakan beton koral sikat, yang di tepinya diberi pembatas atau lis semen yang meliuk-liuk. Hamparan koral selebar 70cm itu merupakan jeda antara taman dan bangunan rumah. Di tengah-tengahnya, dengan jarak setiap 40cm, dipasang pijakan beton koral sikat ukuran 35cmx25cm. Melalui pijakan inilah tetamu berjalan dari carport menuju pintu utama.

Taburan koral tadi menjadi hardscape yang menarik pada pekarangan rumah. Tampilannya membuat harmonisasi cantik antara fasad dengan taman. Elemen bebatuan pada fasad, terdiri dari tempelan batu sala gedang yang disusun sirih. Elemen batu ini berpadu serasi dengan hamparan koral putih dengan hiasan pijakan koral sikat. Dipadankan dengan aneka warna tanaman, jadilah keseluruhan tampilan tampak depan rumah ini indah.

Foto: iDEA/ Tri Rizeki Darusman

Lokasi: Rumah Samuel dan Sri Idaiani, Griya Bintara Indah, Bekasi

(Editor: Anissa Q. Aini)

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus