Selamat datang di ideaonline.co.id
Membuat Taman Air Sendiri? Bisa, Kok
Meski membangun taman termasuk pekerjaan berat, mungkin Anda tertarik membuatnya sendiri. Cari tahu saja peralatan dan perlengkapan yang bisa memudahkan semua itu terwujud .
Posted on 27 Juli 2013 by: Putri Dwimirnani
Membuat Taman Air Sendiri? Bisa, Kok

Peralatan apa saja yang diperlukan untuk membuat taman air? Sebenarnya nggak beda jauh dengan alat berkebun, kok . Hanya, ada beberapa perlengkapan tambahan yang diperlukan untuk menjaga kondisi taman agar tetap stabil.

Nah untuk membuat taman, perhatikan hal-hal berikut:

  1. Setelah menentukan lokasi, buat outline bentuk yang Anda inginkan dengan menggunakan tambang atau selang air. Gunakan pasak-pasak kayu untuk menahan selang agar tetap membentuk pola.
  2. Buat parit dengan lebar sekitar 15-23 cm di luar pasak-pasak tersebut. Lalu, gunakan sekop untuk menggali lubang kolam. Untuk melapisi kolam, Anda bisa menggunakan pond liner (cetakan kolam dari plastik) atau beton.
  3. Nah , kalau kolam sudah terbentuk, Anda bisa mengisinya dengan air. Gunakan water meter  agar volume air dalam kolam bisa diketahui. Volume air menentukan ukuran pompa dan filter yang diperlukan.
  4. Pompa air digunakan jika Anda ingin melengkapi kolam dengan air terjun mini atau air mancur. Sementara, filter berfungsi untuk menjaga kualitas air. Sebab, tidak seperti sungai atau laut, air kolam tidak mengalir ke manapun sehingga kotoran akan terkumpul di sana jika tidak dibersihkan.
  5. Kolam sudah tersedia, selanjutnya tinggal menata taman. Pakai peralatan berkebun standar seperti sekop, gunting tanaman, dan garu. Gunakan pot-pot kecil untuk menaruh tanaman di dasar kolam. Taman air pun bisa segera dinikmati.

Foto: Dok. Garden

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus