Selamat datang di ideaonline.co.id
Tanaman Penahan Erosi
Penanaman tanaman penahan erosi dapat digunakan untuk tanah yang landai. Dengan menggunakan jenis tanaman tertentu, potensi erosi bakal lebih kecil.
Posted on 26 Oktober 2009 by: Mona Sintia / Arsitek Lanskap
Tanaman Penahan Erosi

Ciri-ciri tanaman yang digunakan adalah yang mempunyai sistem perakaran yang kuat dan pertumbuhan yang menyebar serta memerlukan perawatan yang minim, terutama pada sudut area yang sulit terjangkau.

Tanaman tumbuh sepanjang tahun (evergreen ) merupakan jenis yang banyak digunakan, seperti Seruni Jalar (Widelia biflora ), Kembang Tahi Ayam (Lantana sp. ), Air Mancur (Ruselia equisetiformis ) dan lainnya. Pemanfaatan tanaman yang agak menjuntai ke bawah dan berbunga banyak dimanfaatkan untuk menutupi dinding yang terlihat kaku menjadi lebih meriah.

Penanaman pohon besar di area dekat retaining wall harus dilakukan hati-hati. Walaupun kehadirannya sangat baik dalam menahan tanah, perlu diperhatikan apakah perkembangan akar di dalam tanah tidak mengganggu dinding yang ada. Jika tanah cukup luas, tanamlah pohon yang cukup besar dengan jarak sekitar 2-3 meter dari dinding.

Penggunaan rumput sebagai penutup tanah pada area yang landai sering kita temui. Rumput memang sebagai tanaman penutup tanah yang cukup baik digunakan untuk mengontrol erosi tanah, tetapi yang perlu diperhatikan adalah dalam aktifitas perawatannya. Pada area dengan kemiringan curam kita bakal sangat sulit melakukan pemangkasan rumput sehingga rata dan rapi. Jika taman tidak besar, dapat dilakukan pemangkasan menggunakan gunting rumput secara manual.

Foto: Dok. Garden

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus