Selamat datang di ideaonline.co.id
Biar Kecil, Taman Air Tetap Menarik
Tak perlu berkecil hati bila lahan dan dana terbatas. Taman air tidak memiliki batas ukuran. Bahkan, sebuah pot tanah liat pun sudah bisa memenuhi kebutuhan, loh .
Posted on 22 Juli 2013 by: Putri Dwimirnani
Biar Kecil, Taman Air Tetap Menarik

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari lokasi. Jika taman yang diinginkan hanya berupa kolam dengan sedikit tanaman hijau, Anda bisa membangunnya di manapun. Sudut sisa di pinggir taman juga boleh. Tapi, bila Anda ingin melengkapinya dengan tanaman berbunga, cari tempat yang terkena cahaya matahari. Untuk membangun taman air yang sederhana ini, perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Tanaman seperti teratai perlu terkena matahari langsung selama paling tidak 6 jam setiap harinya. Maka, penuhi kriteria tersebut agar taman senantiasa indah.
  2. Hindari posisi tanah yang terlalu rendah. Sebab, air hujan akan mengalir ke sana dan membawa kotoran atau lumpur. Akibatnya, kolam menjadi keruh dan penuh, bahkan bisa menyebabkan banjir.
  3. Selanjutnya, tentukan kedalaman. Kolam yang tak terlalu dalam bisa memunculkan efek reflektif, tapi kurang baik untuk pertumbuhan ikan dan tanaman. Untuk itu, setidaknya buat kolam dengan kedalaman 45 cm jika ingin memelihara ikan dan beragam jenis tanaman.
  4. Untuk mempercantik kolam, mungkin Anda ingin menghiasnya dengan air terjun. Cari lokasi dengan kemiringan yang cukup tajam untuk ini. Bisa saja sih , membuat semacam tebing mini dengan menumpuk bebatuan dan tanah. Tapi, kemiringan alami bisa menghemat biaya dan terlihat lebih natural.

Percaya deh , meski kecil, taman air Anda tetap akan menarik perhatian burung, kupu-kupu, dan hewan lainnya. Lingkungan rumah pun terasa lebih asri.

Foto: Dok. Garden

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus