Selamat datang di ideaonline.co.id
Hijau Merambat yang Bikin Carport Adem
Tempat rembetan pohon pada carport  ini dipasang 25cm lebih tinggi dari atapnya, agar tanaman tidak terpanggang panas matahari.
Posted on 29 Agustus 2013 by: Dewi Kartini (@dewikartini)
  • Carport adem dengan tanaman

Carport   yang menghadap ke arah barat dan timur, akan mendapat terpaan sinar matahari lebih banyak daripada carport yang menghadap utara dan selatan. Itu sebabnya pergola carport  ini dirembeti pohon menjalar. Tanaman menjalar akan menyaring sinar matahari yang masuk, sehingga kondisi di area carport lebih teduh. “Penggunaan pohon jauh lebih baik menurunkan suhu jika dibandingkan hanya memakai laminated glass saja,” kata Peter Gunawan, arsitek rumah ini.

Carport   berukuran 6,5m x 6m ini dibuat dengan struktur besi, atapnya memakai laminated glass . Rambatan tanamannya menggunakan wiremesh  yang ditempatkan 25cm lebih tinggi dari  atapnya.  Pemasangan wiremesh  dengan ketinggian 25cm di atas atap dimaksudkan untuk menjaga pertumbuhan pohon.

“Kalau langsung ke atas kaca, tanaman yang masih muda bisa mati terpanggang panas matahari. Dengan adanya wiremesh   yang dipasang tidak menempel langsung ke atas kaca, tanamannya lebih terlindungi,” jelas Peter sambil menambahkan bahwa desain seperti ini juga membuat atap pergola lebih mudah dibersihkan dari sampah daun.

Foto: Richard Salampessy 
Properti: Yunny Marlina, Cibubur, Jawa Barat 
Arsitek: Peter Gunawan Design Studio

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus