Selamat datang di ideaonline.co.id
Inilah Kawah Candradimuka Pengusaha Mebel
Sejak berdiri di tahun 1953 , Pendidikan Industri Kayu (PIKA) telah menghasilkan lulusan yang tersebar di industri kayu Indonesia. Kunci kesuksesannya adalah konsistensi dalam praktek langsung di dunia industri.
Posted on 5 Juli 2012 by: Indra Zaka Permana
Inilah Kawah Candradimuka Pengusaha Mebel

Saat bertemu dengan Ign. Aditjahjo, Kepala Pendidikan Setara D3 PIKA dan Ign. Ngesti Yuwono, Kepala Prodi Desainer Interiror PIKA, Tim iDEA melewati beberapa workshop kayu yang sedang sibuk mempersiapkan  dan memproduksi karya peserta Indonesian Furniture Design Competition. Hasil kerja yang rapi serta detail membuat PIKA menjadi rujukan para pelaku desain produk, khususnya kayu.

PIKA berawal dari bengkel bernama Kebon Kayu yang memperbaiki sekolah dan gereja-gereja di Indonesia. Kemudian berkembang menjadi kursus-kursus, dan menjadi STTK. Mengikuti perkembangan pengajaran yang ada, STTK berkembang menjadi Sekolah Menengah Teknik Industri Kayu. Dalam perkembangan selanjutnya, lahir Lembaga Pendidikan Desain Interior, yang setara dengan D2. Lembaga pendidikan ini berkembang menjadi setara D-3 dan akhirnya kini manajemen Desain Interior dan Teknik Industri Kayu disatukan. PIKA pun kini setara D-3. Setiap tahun hanya meluluskan 25 orang desain interior, dan 15 lulusan dari Industri Kayu.

Suasana berkarya yang intens menjadi ciri ruang-ruang di kampus PIKA. Kompetisi pun selalu jadi acara rutin yang didikuti para siswa terpilih. Pada saat iDEA berkunjung, beberapa siswa sedang menajamkan skill memproduksi furnitur di workshop PIKA yang modern.  “Mereka sedang berlatih untuk  mengikuti ASEAN Skill Competition (ASC) yang diadakan dua tahun sekali, “ ujar Yuwono. Dalam pelaksanaan kategori baru yaitu joinery, di dua periode ASC, PIKA meraih medali emas. Sedangkan di kategori Cabinet Making yang telah berlangsung 8 periode, PIKA berhasil mempertahankan medali emas. Konsistensi untuk terus bertumbuh dan bersaing, menghasilkan kader ahli meubel yang tahan tempa.

Foto: iDEA/Adeline Krisanti

Lokasi: Jl. Imam Bonjol 96, Semarang,

Website:  www.pika-semarang.com

direktori terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus